5 Kegiatan Ramadan untuk Anak, Bisa Jadi Aktivitas Seru Menunggu Berbuka

  • Monday, 17 April 2023
  • 12 views
5 Kegiatan Ramadan untuk Anak, Bisa Jadi Aktivitas Seru Menunggu Berbuka

JakartaBulan Ramadan tentunya adalah bulan yang dinantikan seluruh umat muslim di dunia. Bulan ini merupakan bulan istimewa bagi umat muslim.

Di bulan suci ini terdapat sebuah ibadah khusus yang pahalanya dijamin langsung oleh Allah. Ibadah tersebut adalah puasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam sepanjang satu bulan penuh lamanya. 

Sebagai orang tua, Bunda pasti ingin mengenalkan dan mengajarkan makna berpuasa dan Ramadan kepada Si Kecil. Sudah menjadi kewajiban juga bagi Bunda dan Ayah untuk kenal dan dekat kepada agamanya dan Allah SWT.

Tentu tidak mudah mengajarkan Si Kecil berpuasa ya, Bunda. Di awal mungkin Bunda bisa memulainya dengan berpuasa setengah hari. Namun, seiring berjalannya waktu Si Kecil harus mengerti aturan sesungguhnya dalam berpuasa.

Menahan lapar dan haus bukan hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka mungkin akan rewel dan sering mengeluh jika belum terbiasa.

Untuk menyikapi hal ini, Bunda bisa menyiasatinya dengan menciptakan kegiatan-kegiatan seru di rumah untuk membunuh waktu. Ketika melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, tentu saja waktu berpuasa akan terasa lebih singkat bagi Si Kecil.

Kegiatan Ramadan untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa referensi kegiatan Ramadan yang menyenangkan bisa dilakukan bersama Si Kecil dilansir dari Parents:

1. Membuat kalender puasa yang menyenangkan

Agar Si Kecil semangat menjalani puasa sebulan lamanya, Bunda bisa mengajak membuat kalender Ramadan. Kalender tersebut nantinya akan diisi setiap harinya menggunakan stiker-stiker dengan karakter kesukaannya.

Membuat ini bisa mengisi kalender setiap harinya akan membuat Si Kecil melihat pencapaiannya dan memacunya bersemangat puasa.

2. Membuat tema belajar 

Setelah membuat kalender Ramadan, Bunda juga bisa membuat jadwal belajar selama Ramadan setiap minggu atau setiap harinya. Misalnya, di hari ini Bunda dan Si Kecil menentukan tema pembelajarannya adalah Bahasa Arab, lalu hari berikutnya kisah para Nabi, begitu seterusnya.

3. Membuat kotak amal di rumah

Ramadan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam dan mengajarkan kita semua untuk lebih beramal. Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat kotak amal dan mengisinya setiap hari. Nanti ketika menjelang lebaran bisa disumbangkan ke yang membutuhkan.

4. Mempelajari fase bulan

Karena bulan ini bertepatan dengan fase bulan, ini merupakan sarana pembelajaran yang luar biasa untuk anak-anak. Bulan dimulai dengan penampakan bulan sabit baru yang berarti bahwa setiap tahun Ramadan dimulai sekitar 11 hari lebih awal dari tahun sebelumnya.

Dengan menggunakan sains dan astronomi, Bunda mungkin bisa mengetahui kapan bulan dimulai dan kapan berakhir. Pada gilirannya, Si Kecil dapat mempelajari fase-fase bulan.

5. Bermain henna

Henna adalah pasta tato temporer artistik halal yang sering digunakan untuk mewakili banyak acara menarik seperti liburan, pernikahan, dan festival. Di akhir Ramadan, wanita dan anak perempuan suka jika tangan dan telapak tangan luar mereka dicat dengan desain henna.

Menggambar tangan dengan henna dapat menjadi aktivitas menyenangkan dan disukai terutama oleh anak-anak perempuan. Nah, untuk kegiatan Ramadan lainnya klik baca halaman selanjutnya ya, Bunda.

 

Source: https://www.haibunda.com/parenting/20230329083755-61-301717/13-kegiatan-ramadan-untuk-anak-bisa-jadi-aktivitas-seru-menunggu-berbuka 

Customer Care

Hubungi Kami jika Anda membutuhkan bantuan, atau informasi seputar pelayanan kami